SHARE :
Facebook Twitter Google+
  Langsing & Bugar
 

Dapatkan Tubuh Langsing, Tanpa Penderitaan


Tidak perlu menderita. No pain, no gain. Pepatah ini sering Anda dengar saat sedang mulai berolahraga. Tapi ternyata hal ini tidak selalu benar. Untuk beberapa olahraga seperti berenang bersepeda dan mendayung, latihan konsisten dengan intensitas yang rendah dapat meningkatkan hasil olahraga Anda. Hasil penelitian di Medicine & Science in Sports & Exercise menyatakan bahwa berbeda dengan berlari, 3 olahraga di atas membutuhkan beberapa gerakan tubuh yang tidak natural. Saat gerak sempurna sudah didapat, Anda dapat menggunakan energi yang lebih sedikit untuk mendapatkan hasil yang sama, ungkap peneliti utama Steve Ingham, Ph.D., dari English Institute of Sport, Loughborough University.

PANJAT DULU. Ingin berolahraga dan sekaligus meningkatkan adrenalin? Kenapa tidak mencoba panjat tebing. Selain melatih cardio, panjat tebing juga dapat memenuhi kebutuhan Anda akan sesuatu yang ekstrim. Demikian hasil penelitian yang dilansir dalam The Journal of Strength and Conditioning Research. Seorang pemanjat wanita yang sering melakukan panjat tebing untuk rekreasi, dapat mencapai 90% denyut nadi puncak saat memanjat tebing yang mudah. Olahraga ini, sama intensitasnya seperti lari dan bersepeda, ungkap penulis Angelo Rodio, Ph.D.

HILANGKAN BE-TE. Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk merubah mood Anda yang sedang terpuruk. Peneliti memastikan bahwa olahraga dapat melawan stress. Caranya dengan meningkatkan ritme detak jantung Anda dan mengurangi rasa tegang di otot. Demikian diungkapkan psikolog Jennifer Garth.  Dengan 30 menit aerobik, rasa tegang di tubuh Anda akan berkurang, mengijinkan Anda untuk rileks, berpikir lebih jernih dan bisa frustasi. Olahraga menstimulasi otak mengeluarkan hormon endorphin, yang membuat Anda merasa lebih baik.

LINDUNGI LUTUTMU. Melakukan olahraga high-impact memang memiliki resiko tinggi terkena cidera lutut. Apalagi resiko mengalami cedera sendi lutut bagi wanita, jauh lebih besar di banding pria. Nah, karena itu, sebelum berolahraga jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dulu. The Prevent Injury and Enhance Performance Program yang dikembangkan di California menunjukkan tingkat cidera sendi lutut setelah melakukan seri pemanasan ini, berkurang 1,7 kali. Untuk mencoba, intip saja di www.aclprevent.com/pepprogam.htm.

PINTAR DENGAN AEROBIK. Latihan kardio ternyata tidak hanya membuat Anda sehat, tapi juga pintar. Menurut British Journal of Sports Medicine, mereka yang rajin berlatih aerobik selama 6 bulan atau lebih, dapat melawan penurunan fungsi otak yang berhubungan dengan usia. Berlatihlah dengan intensitas sedang dan tinggi.

KEKUATAN MUSIK. Mendengarkan musil saat berolahraga memang dapat meningkatkan semangat Anda. Tapi ternyata ada beberapa jenis musik yang memiliki efek lebih dari musik lainnya. Dalam suatu penelitian yang dilansir dalam Journal of Sport & Exercise, peserta yang diinstruksikan untuk mengikuti irama dari lagu Madonna, Queen dan Red Hot Chili Peppers, daya tahan tubuhnya naik hingga 15%. Demikian juga dengan suasana hati mereka. Ayo pilih lagu favorit Anda...



     Baca Juga

  KOMENTAR (0)


**) Untuk mengisi komentar, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu!


Belum Ada Komentar!

First
Halaman : |
Last