SHARE :
Facebook Twitter Google+
  Tips Kebugaran
 

6 Trik Cerdik Tetap Bugar dan Fokus Sepanjang Hari


KOPI PEREDA STRES. Hanya dengan menghirup aromanya saja, secangkir kopi bisa membantu meredakan stres fisiologis yang disebabkan oleh kekurangan tidur. Hasil penelitian National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, Jepang, menemukan adanya aktivasi gen yang melindungi tubuh dari serangan stres saat indera penciuman diekspos dengan aroma biji kopi sangrai. Dikatakan pula bahwa indera penciuman ternyata merupakan reseptor awal yang mampu meredakan stres dan bikin rileks. Cara mudah atasi stres, kan?

PILIH YANG BESAR. Inilah panduan memilih camilan dari para peneliti Penn State University, AS. Hasil studi menunjukkan bahwa responden yang diberi snack puff ternyata mengonsumsi kalori 21% lebih sedikit dibandingkan mereka yang diberi camilan lain yang bentuknya lebih padat. Karena sifatnya yang mengembang, snack puff tampak lebih besar dan mengenyangkan, padahal kalorinya sedikit. Mau tiru? Pilih camilan seperti popcorn atau sereal.   

MENANGKIS SERANGAN INFEKSI. Salah satunya adalah dengan banyak makan. Penelitian dari Universitas Michigan, AS, mengatakan bahwa mengurangi asupan kalori membuat tubuh lemah dan rentan terhadap serangan flu. Lebih lanjut dalam journal of nutrition, para peneliti mengatakan bahwa meski Anda mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral sekalipun, konsumsi rendah kalori membuat tubuh tidak mampu memproduksi sejumlah sel-sel pembunuh untuk melawan infeksi. Lupakan diet untuk sementara waktu.

SANTAI SEJENAK. Studi yang dipublikasikan dalam Psychosomatic Medicines menunjukkan bahwa pekerjaan yang membutuhkan aktivitas otak tinggi, seperti menghitung, membaca laporan, dan menulis artikel, akan membuat Anda mengonsumsi kalori 30% lebih banyak dibandingkan dengan pekerjaan santai yang tidak membutuhkan aktivitas otak tinggi. Konsentrasi tinggi menyebabkan fluktuasi kadar glukosa dan level insulin di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menagih lebih banyak kalori. Selingi dengan mendengarkan musik atau istirahat beberapa menit.

KURANG KALSIUM. Hasil riset bersama antara SEAMEO TROPMED Regional Center for Community Nytrition, Universitas Indonesia dan Universitas Otago, New Zealand, menunjukkan bahwa sebagian besar wanita Indonesia hanya mengonsumsi kurang dari 50% kebutuhan kalsium harian yang mereka butuhkan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Ini berarti sebagian besar wanita Indonesia berisiko menghadapi masalah kesehatan tulang dan penyakit yang berkaitan dengan tulang, seperti osteoporosis, di kemudian hari.

PERLANCAR DENGAN ALMOND. Saluran pencernaan Anda bermasalah? Atasi saja dengan almond. Dalam Applied and Environmental Microbiology dikatakan bahwa almond merupakan jenis biji-bijian, bukan golongan kacang-kacangan, sehingga sangat baik untuk saluran pencernaan dan mampu memperbaiki sistem imun dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Konsumsi segenggam penuh almond untuk memastikan saluran pencernaan Anda bebas masalah.



     Baca Juga

  KOMENTAR (0)


**) Untuk mengisi komentar, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu!


Belum Ada Komentar!

First
Halaman : |
Last