SHARE :
Facebook Twitter Google+
  Tips Kebugaran
 

Kiat Sehat bagi Para Workaholic


Sebuah penelitian menemukan bahwa obsesi, semangat berkompetisi, dan memaksakan diri untuk bekerja berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Demikian pula halnya dengan komitmen yang terlalu tinggi. Sebabnya, perasaan-perasaan itu menghambat kemampuan alami tubuh untuk melenyapkan penyumbatan pembuluh darah. Hasil yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine didapat setelah para peneliti asal Belanda menganalisis 124 contoh darah pekerja.

Mengendalikan perasaan dan keinginan memang tak semudah mengendarai mobil, tapi masih ada cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung si Workaholic.

  • Manfaatkan Waktu Makan Siang. Bebaskan diri Anda selama 20-30 menit saat jam makan siang. Lakukan apapun yang Anda suka seperti membaca majalah, mengobrol dengan teman, mengirim e-mail, atau sekedar bengong. Buang pikiran, "Nanti saja makannya. Tanggung, tinggal satu pekerjaan lagi." Di satu sisi memaksakan diri seperti itu mungkin membuat Anda lebih cepat ’lega’ tapi di sisi lain bisa membuat Anda lebih stres.
  • Tahan Keinginan. Sebelum memutuskan untuk lembur (lagi) coba pikir sejenak. Ambil napas dan tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah ini tidak bisa ditunda sampai besok, apakah akan ada bedanya Jika dikerjakan sekarang?
  • Ritual Selepas Kerja. Tutup hari kerja Anda dengan rutinitas yang bisa membuat Anda relaks. Misalnya: berendam di air hangat, mendengarkan lagu-lagu bertempo lambat, menyeruput secangkir ten hangat, atau bermain dengan putra putri Anda.


     Baca Juga

  KOMENTAR (0)


**) Untuk mengisi komentar, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu!


Belum Ada Komentar!

First
Halaman : |
Last