SHARE :
Facebook Twitter Google+
  Tips Kebugaran
 

Tingkatkan keterampilan Anda!


Itu sebabnya, Anda akan membutuhkan tunggangan yang lebih memberikan kenyamanan, dengan frame mountain-bike, hanya rodanya khusus untuk di jalan raya, serta tidak menggunakan shock belakang yangjustru akan mempersulit genjotan dan memperlambat laju Anda. Tom Wood, intruktur di Internasional Mountain Bike Police Association, mencoba menjelaskan tentang bagaimana mengaplikasikan keterampilan bersepeda off-road di tengah rimba beton.
 
KETERAMPILAN: Rem mendadak
RINTANGAN: pintu mobil, angkutan kota, sodokan motor. "Problem pada roda yang terlalu ringan adalah daya cengkram yang minim," terang Woods. Karena itu, pada saat pengereman, Anda harus memindahkan beban tubuh ke belakang sehingga lebih memungkinkan bagi Anda dalam menggunakan lebih banyak kekuatan untuk mengerem. Sejajarkan pedal. Geser pantat ke belakang sadel. Luruskan lengan, tetapi Jangan mengunci siku. Tekuk lulut agar dapat bereaksi layaknya shock-absorber. Tarik rem belakang terlebih dahulu, baru kemudian rem depan, tarik dengan keras.
 
KETERAMPILAN : Menaiki rintangan
RINTANGAN: Trotoar, batu
CARANYA: "Cara paling baik untuk menaiki atau melewati rintangan adalah dengan mengangkat, bukan mendorong secara paksa," anjur Woods. Hampiri trotoar dengan posisi tegak lurus, posisikan pedal pada jam 2 dan 8, kaki yang lebih kuat berada di depan atas. Naikkan gear satu atau dua kali lebih keras ketimbang yang biasa Anda gunakan. Pada jarak kurang lebih 30 cm sebelum rintangan, dorong pedal ke bawah untuk memicu lonjakan sembari Anda menarik gagang sepeda.
Begitu roda depan terangkat, pindahkan beban tubuh Anda ke depan untuk menarik roda
belakang ke atas.

KETERAMPILAN: Melalui turunan tidak rata
RINTANGAN: Jembatan penyeberangan. Bagi yang sudah terbiasa, tangga tidak ubahnya seperti jalan menurun yang mulus. Anda hanya akan menyentuh pinggiran tanpa merasakan guncangan berarti.  Pindahkan pada gear yang lebih tinggi untuk menambahkan tegangan pada rantai, sehingga rantai tidak akan keluar dari jalur. Jika dibutuhkan, rem perlahan untuk mengatur kecepatan. Pilih jalur yang tegak lurus dengan tangga, sejajarkan pedal, dan geser pantat kebelakang sadel. Lenturkan lengan dan kaki.
 
KETERAMPILAN: Lompatan besar
RINTANGAN: rel kereta api, got, lubang, polwan tidur. Di jalan raya, teknik ini lebih sulit dilakukan karena Anda tidak dapat menggunakan apapun sebagai batu loncatan. Tetap berada di jalur lurus dan sejajarkan pedal pada jarak sekurangnya 5 meter sebelum rintangan. Begitu sampai pada jarak 30 centimeter sebelum rintangan, tekan tubuh Anda, lenturkan lengan dan tekuk lutut begitu Anda membawa torso ke bawah hingga hampir sejajar dengan tanah. Kemudian meloncat ke atas, dengan mengangkat roda depan dan belakang secara bersamaan.



     Baca Juga

  KOMENTAR (0)


**) Untuk mengisi komentar, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu!


Belum Ada Komentar!

First
Halaman : |
Last