SHARE :
Facebook Twitter Google+
  Tips
 

Sehat & Lezat Berkat Yoghurt


Selain Anda bisa mendapatkan nilai plus lain dalam segelas yoghurt. Minuman susu fermentasi dari bakteri penghasil asam Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

2 Macam Yoghurt

Yoghurt cair
Selain yoghurt biasa, ada juga yoghurt rendah lemak dan yoghurt tanpa lemak yang tersedia dalam berbagai pilihan rasa dan aroma buah-buahan.

Yoghurt bubuk
Terbuat dari yoghurt cair yang telah dikeringkan dengan proses pengeringan beku (freeze drying). Dengan alat khusus, Anda tinggal menambahkan gula dan air. Bakteri hidup yang ada di dalamnya akan ‘bekerja’ menghasilkan yoghurt.

Apa Keistimewaannya?

Jangan takut jika dikatakan ada bakteri hidup dalam segelas yoghurt yang Anda minum, karena justru itulah keunggulannya. Kehadiran ‘makhluk kecil’ ini dapat memproduksi antibiotik alami dalam tubuh, meningkatkan kandungan vitamin B, serta mempermudah kerja sistem pencernaan. Bakteri asam laktat yang berperan sebagai bakteri ‘baik’ ini juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan jumlah bakteri ‘buruk’ dalam usus.

Bagaimana Mengolahnya?

Sebenarnya, yoghurt bisa dimasak menjadi aneka masakan, mulai dari saus untuk salad, campuran bumbu dalam aneka hidangan, atau puding. Tapi, agar tetap mendapatkan khasiat bakteri hidup yang ada di dalamnya, Anda perlu hati-hati dalam mengolah dan memasaknya. Sebaiknya, yoghurt tidak dimasak melebihi suhu 60o C karena kerja bakteri dalam yoghurt akan berkurang sehingga efek dari yoghurt yang didapatkan tidak maksimal.


     Baca Juga

  KOMENTAR (0)


**) Untuk mengisi komentar, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu!


Belum Ada Komentar!

First
Halaman : |
Last